Bahas Reog Ponorogo di Grup WA Klub Buku



17 September 2014
Reog Ponorogo

Muna RA: Jadi gini reog ponorogo dari ceritanya ada 2 versi . Dari kerajaan bantarangin dan Ki Ageng Kutu .  Versi pertama dari bantarangin. Jadi ceritanya gini..
Jaman dahulu ada prabu namanya Prabu Klonosewandono beliau memiliki nama kecil klono bagus , kenapa sih di namain Kerajaan Bantarangin? 

Waktu dulu ada 3 Kerajaan Wengker , wengker 1 itu namanya wora wari , yang kedua namanya wengker , yg ke3 itu di eranya Raden Katong. Dulu Ki Hajar lewat guru dari Prabu Klono Sewanddono lagi lewat di sebuah ladang kaya tanah luas kosong .Yang orang jawa bilang bantaran = lahan kosong yg sangat luas . Pas disitulah bantaran di babad menjadi bantaranangin , angin itu sendiri karena disana anginya kencang banget.  Nah karena lidah jawa bantaranangin jadi nyebutnya bantarangin.

Di reog sendiri Prabu Klono Sewandono di gambarkan dengan gagah berani sambil membawa pecut sakti yg dinamakan pecut Samandiman. Dan diceritakan bahwa raja bantarangin prabu klana itu jatuh cinta sama putrh kerajaan kediri namanya Dyah Ayu Dewi Songgolangit , yg sering di kenal Dewi Songgolangit. Oleh sebab api cinta yang tidak bisa di padamkan , maka prabu klana kemudian mengutus patihnya yaitu pujonggo anom atau yg lebih dikenal dgn Bujang Ganong. Bujang Ganong sendiri adik dari seperjuangan klono sewandono , Terus di tengah perjalanan menuju kerajaan kediri bujang ganong di hadang oleh singo barong, kenapa sih di hadang. Singo barong itu raja dari segala harimau yg menjaga tapal batas kediri . Prabu singo mendapat perintah dari raja kediri untuk memriksa atau melarang siapapun tanpa seijin raja masuk ke wilayah kediri. Singo di gambarkan berkepala harimau berbadan manusia. Terus mereka bertarung, dan yg kalah yaitu bujang ganong, dan dia pulang mengabari prabu klono. Dan setelah itu prabu klana sewandono turun tangan melawan singo barong ya berlangsung seru dan mengasykkan. keduanya tak mau kalah, sama sama sakti dan saling serang. Itu ntar akhir masalah meraknya. Dan langsumg prabu klono mengeluarkan pusaka andalanya pecut samandiman. akhirnya prabu menang. Dan melamar putri songgolangit.  Tapi putri memiliki syarat. 

Syaratnya Putri minta pasukan berkuda sejumlah banyak 100 kalo ndak salah. Terus singo barong itu tadi yg diatasnya ada meraknya, karena mereka terikat simbiosis mutualisme. Nah, ini kata guruku. Prabu tidak bisa menepati syarat yg harus membawa pasukan berkuda 100 , yang di namakan jatilan. padahal udah cakep semua udah mau lamar, tinggal mempersunting, ternyata mash ditolak.Nah turunlah warok. Warok sendiri adalah, penggambaran masyarakat ponorogo , orang2 yang memiliki kekuatan khusus yang di segani oleh masyarakat. Dan pada Akhirnya Dewi Songgolangit yang cantik jelita itu berkata bahwa , jika kamu ingin mempersuntingku maka kamu akan kehilangan seluruh pasukanmu dan kesenianmu dan semuanya dan tidak akan di kenang oleh keturunanmu. Dan apabila kamu tidak jadi mempersumtingku kamu akan jaya abadi dengan segala yang kamu punya dan akan terkenang oleh semua makhluk. 

Terus prabu memilih untuk tidak meminangnya. Ia memilih karyanya tidak terbuang sia sia dan akan di kenang. Maka terbentuklah REOG, yang berarti Resik Endah Omber Girang-gemirang Dan versi kerajaan bantarangin selesai~ Ada yg d tanyakan?

Darus ;
 

Muna RA: Nah itu reog kepala singa dan merak, terus yg tengah bujang ganong. Belakangnya warok , Itu ada tulisan ponorogo yg benar2 berasal dari PONOROGO  bukan MALAYSIA ! Versi kedua besok ajah. Itu reognya beratnya bisa ber ton ton , dan hanya di gigit pake gigi.
Wira: Dulu ada rakyat indo yang pergi ke Malaysia dan mengenalkan tarian reog ya?
Darus :


Muna RA: Nah iyaa noh lengkap banget malah. Ada prabu klono ada jathil ada warok bujang ganong dan singobarong.
Ya warok itu nama bang wir , namanya masyarakat ponorogo yg memiliki kesaktian khvsur yg disegani warga.
Darus;Tuh pasukan gagah kanan dan kiri bawa pecut itu namanya warok
Pasukan wanita (baju putih) itu jathil
Yang paling depan prabu kelanasewandono
Wira: Jathil bikanya anak cowo yang nari gemulai ya kok cewe?
Muna RA: Iya awalnya cow bang. Dan lama kelamaan di ganti cew soalnya biar imbang antara cewe sama cowo.
Darus;Akhirnya setiap warga ponorogo menjuluki dirinya sbg "putuwarok" artinya anak cucu dr warok
Muna RA: Dan yg ikut jatil itu orang pilihan, yg cantik cantik . Nah iyaaa itu. Putuwarok.
Wira: Terima kasih ya, ceritanya bermanfaat harus di ceritakan ke seluruh anak indonesia.
Kalian bobo gih udah malam, gak usah nunggu gebetan ngucapin
Maaf kalau tadi chat nya menyinggung. Aku Percaya Reog Punya Ponorogo
Iyas: Eh, Mun. Itu tadi katanya berat kepala reognya bisa berton2 ya? Dan cuman digigit pake gigi doang, makanya bisa sampe kesangga lagi. Euhmm… itu pemainnya sebangsa limbat gitu atau begimaneh? Trus, syarat2 buat jadi penari2 reog itu apa aja? Apa sembarang orang bisa? Atau orang2 tertentu aja?
Muna RA: Jadi gini, dalam reog ada ritualnya dulu tapi aku ga kepo itu ritual kek gmana. Jadi biar bisa menyangga itu. Aku sik liat pas mereka gigitnya juga pakek cara sendiri. Dan aku ga kepo lagi.
Iyas: Kenapa gak kepo? Ini kan biar kamu sebagai salah satu putuwarok tau sejarah warisan leluhur kalean ampe akar2nya? Kalo semisal yg nanya orang luar, trus nanya ini dan jawabannya kayak yg kamu kasih tadi, dan itu nantinya ngebuat mereka sanksi, piye?
Muna RA: Kalo penari, yg khusus itu harus lemah gemulai, cantik dan badanya harus oke. Katanya sih gitu.
Iyas: Ouhya, itu waroknya jenggotnya asli apa palsu yak? 😕
Muna RA: Kan itu privasi kak.
Iyas: Itu kan salah satu ilmu, Mun.
Muna RA: ndak semua orang boleh jau.
Iyas: Ah, ngambang nih Muna.
Muna RA: Palsu kak, kan penggambaran
Wira: Ka Iyas mau nanya, waroknya brondong apa enggak.
Iyas: Oouuu… kirain asli. Wakakakakakakkakaka
Kagak Wir. Ik udeh punya brondong sendiri. Paten udahan. Gak mau nambah.
Muna RA: Jadi intinya pertama harus puasa putih dulu biar strong. Kalo zaman dulu asli kak
Iyas: Ou, puasa putih. Si mbahku dulu sering puasa beginiaN.
Wira: Makan nasi putih segenggam dan disiram air panas
Muna RA: Kak darus bantuin
Iyas: Si bapak juga masih deng. Ayo coba… yang ponorogo. Atrik, Darus, Mas Yoga…
Wira: Nasi putihnya beras sembako apa rojo lele Mun?
Iyas: Etapi, proud of you, Mune. Paling nggak kamu tau sejarah warisan leluhur kamu. 
Wira: Suka mbunuh merak dong yah? Pantes merak sekarang udah funah
Iyas: Euhm, itu penerusnya sendiri banyak gak Mun? Maksudku, yang generasi mudanya sekarang pada minat gak ama kesenian Reog ini?
Muna RA: Iyaa kakyas. Seenggaknya walopun bukan asali ponorogo juga aku tahu asal usulnya.
Wira: Giginya ompong gak kalau habis pentas reog?
Muna RA: Banyak banget kak yas. Malah udah samape internasional.
Di sekolahku juga mau ikut lomba FRN , Festival Reog Nasinal.
Iyas: Anak daerahnya sendiri juga tertarik?
Muna RA: Bang wir kata guruku , Pertanyaan yg ga penting ga boleh di jawab .Tertarik banget kak yas, anak SD aja udah pada les nari reog jatil.  Ini d desaku kebetulan juga lagi latian, kedengaran gamelanya
Iyas: Trus.. Trus.. Mun, apalagi? Itu gimana kemaren pas tempo lalu yang reog sempet diakui punya negara tetangga? Panas gak situasi di sana?
Wira: Emang udah ada lisyrik?
Muna RA: Di ponorogo sendiri tiap tahun ada lomba festifal reog mini yg isinya anak anak kecil.
Darus; Belum lama ini malah ada festival ribuan dadak merak, tembus rekor muri
Apa muun? Kak darus ketingggalan 40 chat nih.Dibantu apaan?
@iyas : banyak yas, sekarang di sekolah2 dasar digalakkan kesenian reog
Muna RA: Dan ada festival 200 dadak merak di alun2.
Darus; Karena tiap tahun diadakan festival reog mini pulaaa..
Muna RA: Kemaren 200 apa 400 dadak merak ya kak darus ?  Aku kemaren ndak liat festivalnya,
Iyas: Itu gimana kemaren pas tempo lalu yang reog sempet diakui punya negara tetangga? Panas gak situasi di sana?

Jawab ini, wei.
Darus;*dadak merak --> bagian dr reog
Muna RA: Duh, itu aku agak lupa. Mungkin gini seingetku warga ponorogo ricuh ke sana, dan di mintai pertanggung jawban. Dan akhrnya malay ngaku itu punya ponorogo.
Iyas: Ou, akhirnya mereka ngaku ya? Aku ndak terlalu ngikutin beritanya. 🙈🙈🙈
Muna RA: Iyaa kak yas, kan sempet di tanyain asal usul juga seingetku. Terus mentrinya apa apalah tak tau itu mengakui .
Iyas: Siplah yak, makasih Muna dan Darus buat sharingnya. Semoga Reog jadi kesenian yang tetep terjaga keberadaannya di negara kita.  Ditunggu sejarah reog versi yg satunya tadi. Besok yak?
 Darus; 300 muna . Sory ralat td gueh bilang ribuan saking antusiasnya


Keterangan :
 Reog Ponorogo ini dibahas oleh Si Cantik Muna. Jangan lupa follow Twitternya ya. Atau kunjungi di blog http://munaaisy.blogspot.com/

Komentar

Postingan Populer